Sang Pejuang

Perjuangan adalah awal kesuksesan

Jangan Biarkan Waktu Membunuhmu (bag 2)


al Qur'anSebagaimana yang telah kita sebutkan terdahulu bahwa waktu adalah nikmat yang terbesar yang telah diberikan oleh Allah SWT Kepada kita semua. Sebagian orang mengatakan bahwa waktu lebih berharga dari pada harta bahkan emas sekalipun tapi lebih dari itu sebenarnya waktu adalah bagian dari kehidupan, harta kita yang hilang mungkin sewaktu-waktu akan kembali lagi atau ada penggantinya, tetapi waktu, detik demi detik terus berlalu dan memutar tiada kembali lagi tanpa ada penggantinya. Orang yang beruntung yaitu orang yang selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan tidak rela waktunya berlalu begitu saja tanpa guna,

Banyak orang yang menyesal dan merugi karena telah menyia-nyiakan waktu yang mereka lalui tanpa ada manfaatnya, ada sebuah renungan dari salah seorang yang merasa menyesal dengan waktu yang telah berlalau, yangmana seakan-akan dia berdialog dengan sang waktu yang sebetulnya dia tidak bisa berbicara:
penanya : “wahai waktu..! saya berharap engkau bisa kembali walaupun
sebentar agar aku dapat melakukan kebaikan yang kutinggalkan”
Waktu : “sesungguhnya waktu terus berlalu tiada henti dan tidak bisa kembali”
Penanya : “tetapi saya sangat berharap engkau bisa kembali supaya saya bisa memanfaatkanmu”
Waktu : “seandainya kehendak itu terdapat padaku maka aku akan lakukan itu, tetapi semuanya itu atas kehendak Allah, dan telah kamu isi hari- harimu dengan amalmu yang telah diangkat dihadapan Allah untuk dimintai pertanggung jawabannya nanti”
Penanya : “tapi saya berharap bisa mengganti amalku yang dulu dengan kebaikan, maka dari itu kembalilah walaupun sedetik saja”
Waktu : “wahai orang yang lalai…! Sudah engkau habiskan waktu bertahun tahun dengan menggunakan semua nikmat Allah secara GRATIS, tetapi apa yang dapat engkau lakukan untuk mengucapkan rasa terimakasihmu kepadaNya? Seandainya engkau diminta agar membayar fasilitas yang engkau pakai setiap hari, bernafas misalnya, sudah berapa triliyun bahkan tidak sanggup kita menghitungnya yang harus kita bayar, tetapi Allah memberikan secara cuma-cuma untuk kehidupan seluruh manusia, itu sebagian kecil nikmat yang kita gunakan dalam keseharian, bagaiman dengan fasilitas yang lebih besar lagi, apakah kamu tidak memikirkan hal itu?”
penanya :”tetapi apa yang harus aku lakukan untuk menebus penyesalanku yang telah berlalu?”
waktu :”sesungguhnya Allah maha pengasih lagi maha penyayang terhadap hamba-hambanya dengan kamu terus melaksanakan semua
perintahnya dan menjauhi sagala larangannya, dan terus berusaha untuk memperbaiki diri maka sesungguhnya amalmu yang baik itu akan menghapus amal burukmu dimasa lampau إن الحسنات يذهبن السيئات (sesungguhnya perbuatan baik itu akan menghapus perbuatan jelek yang telah berlalu)”. bac
Begitulah rasa penyesalan yang telah dialaminya, tiada mustahil hal yang sama akan kita rasakan jika kita kurang memperhatikan waktu.
Sudah sepantasanya kita sebagai hamba Allah yang taat, untuk memanfaatkan fasilitas yang telah Allah sediakan untuk kita, dan kewajiban kita hanya bersyukur atas semua nikmat tersebut, dengan itu maka Allah akan menambah keberkahan nikmat itu, bukan malah menjadi kufur dan lalai sehingga Allah akan mengazabnya. Allah SWT berfirman لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عذابي لشديد (sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat).
Sekecil apapun nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita sudah seharusnya kita syukuri, apalagi nikmat yang sangat besar bagi kehidupan manusia yaitu nikmat waktu, karena dengannya kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan, maka kita harus mengisinya dengan segala kebaikan.
Rosulullah SAW bersabda untuk memanfaatkan nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita,
عن عمرو بن ميمون الأودي ” أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – : قال لرجل وهو يعظه: اغتنم خمسًا قبل خمس: شبابك قبل هرمك وصحتك قبل سقمك وغناك قبل فقرك وفراغك قبل شغلك وحياتك قبل موتك “. (dari Amr ibnu maimun Al Audiy sesungguhnya Rosululloh SAW bersabda kepada salah seorang untuk memberikan nasehatnya:”gunakanlah lima perkara sebelum (datang) lima perkara,(yaitu): waktu mudamu sebelum datang tuamu, waktu sehatmu sebelum datang sakitmu, waktu kayamu sebelum datang miskinmu, waktu luangmu sebelum datang sibukmu, waktu hidupmu sebelum datang matimu”.(Al Hadits)
Dari hadits tersebut kita dapat mengambil pelajaran bahwa ternyata nikmat yang telah diberikan kepada kita begitu banyak dan besar, tetapi ternyata dengan nikmat tersebut terkadang kita lalai dan kurang memperhatikannya untuk digunakan dengan baik, kita terkadang tidak sadar bahwa semakin lama kita hidup didunia ini berarti jatah umur kita semakin berkurang dan terus berkurang dengan begitu berarti kita mau atau tidak harus kembali kepada-Nya, tetapi sudah siapkah kita untuk bertemu dengan Allah dan dimintai pertanggung jawaban atas semua amal kita sementara kita masih berlumuran dosa?
Wahai saudaraku…! sadarlah bahwa kehidupan dunia akan segera berakhir seiring dengan habisnya jatah umur kita yang telah ditetapkan semenjak kita belum dilahirkan didunia ini, pergunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya, karena sekecil apapun amal kita, pasti akan dimintai pertanggung jawaban.
فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره و من يعمل مثقال ذرة شرايره
Untuk mengakhiri renungan kita ini, kami sampaikan wasiat dari Sang penggenggam alam semesta Allah SWT agar kita selalu ingat akan SIAPA SEBENARNYA KITA?
والعصر ، إن الإنسان لفي خسر، إلاّالذين آمنوا وعملواالصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر
(“demi masa, sungguh, manusia itu berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”.)
Semoga kita semua tergolong orang-orang beruntung di dunia dan lebih-lebih di Akhirat kelak, Amien…
Wallahu ‘Alam Bishshowab
(setyawan)

{baca juga}

8 November 2009 - Posted by | waktu | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: