Sang Pejuang

Perjuangan adalah awal kesuksesan

Mengenal Tulisan Al Qur’an


الرســم العــثمــاني
Mengapa kita perlu mengetahui seluk beluk Rosm Utsmani ? Jawabannya adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui perjuangan para sahabat Nabi di dalam menjaga keaslian Al Qur’an yang ternyata, tidak saja mereka menjaga keaslian dalam huruf-huruf dan ayat-ayatnya, namun juga mereka menjaga sampai dalam bentuk-bentuk tulisannya.
2. Keaslian Al Qur’an yang sangat akurat ini sebagai bukti jaminan Allah untuk menjaga Al Qur’an ini seperti yang terdapat ( QS : 15 : 9 ). Sehingga siapapun yang mengaku memiliki Al Qur’an lain seperti yang ada, dengan mudah ditolak.

3. Keasilan Al Qur’an yang seratus persen ini, seharusnya membuat manusia yakin seyakinnya untuk menjadikannya sebagi pedoman hidup yang datang dari Allah Robbul ‘Aalamiin. dengan segala kesempurnaan yang ada di dalamnya.
4. Mengetahui Rosm Utsmani juga membantu cara membaca kalimat Al Qur’an dengan benar. Betapa banyak orang yang salah baca Al Qur’an karena terkecoh oleh penuilasan yang tidak lazim, seperti orang yang membaca Hayah menjadi hayawaah

Apakah Rosm Utsmaani itu ?
Rosm artinya tulisan, semua penulisan yang biasa kita lihat di kitab-kitab berbahasa Arab berarti rosm, namun istilahnya Rosm Imla’i artinya penulisan yang sesuai dengan kaidah bahasa arab pada umumnya. Sedangkan penulisan bahasa arab yang terdapat di dalam Al Qur’an tidak menggunakan Rosm Imla’i namun menggunakan Rosm Utsmaani. Jadi Rosm Utsmaani adalah Suatu metode penulisan khusus yang digunakan oleh Zaid bin Tsabit bersama tiga orang Quraisy ketika melakukan penulisan Al Qur’an, yang di bawah pengawasan Utsman bin Affan.
Perbedaan Rosm Imla’i dan Rosm Utsmani ini sekaligus membuktikan, bahwa membaca Al Qur’an harus dipelajari secara talaqqi dan tidak mungkin sekedar mengandalkan tulisan yang ada di dalamya, karena adanya perbedaan antara Rosm Imla’i dan Rosm Utsmani.

Hukum menulis ayat Al Qur’an dengan Rosm Utsmani.
Sebagian besar ulama, khususnya Imam 4 madzhab memfatwakan : bahwa haram hukumnya menyalahi tulisan Rosm Utsmani yang sudah ada di dalam Al Qur’an. Alasannya karena hal ini dalam rangka menjaga keaslian Al Qur’an, dan merupakan ketetapan yang sudah diikuti sepanjang generasi umat Islam. Sebagian ulama’ membedakan, jika penulisan ayat dimaksudkan untuk membuat mushaf, maka wajib hukumnya mengikuti Rosm Utsmani, sedangkan jika tidak dimaksudkan untuk penulisan mushaf, maka boleh tidak mengikuti kaidah Rosm Utsmani.

Enam Kaidah Penulisan Rosm Utsmani.
1. Al Hadzf : Membuang huruf yang seharusnya ditulis,
seperti menjadi
2. Az Ziyadah : Menambah huruf yang seharusnya tidak ditulis,
seperti menjadi
3. Al Badal : Mengganti suatu huruf dengan huruf yang lain,
seperti menjadi
4.Al Hamzu : Menulis hamzah yang sukun sesuai dengan harokat
sebelumnya, seperti
5.Al Wasl : Menyambung huruf yang seharusnya terpisah, seperti

6.Al Fasl : Memisah huruf yang seharusnya tersambung, seperti

PERBANDINGAN R.IMLA’I & UTSMANI
Berikut ini tabel perbandingan Rosm Utsmani dan Rosm Imla’i yang sekaligus menjadi cara baca yang benar, sesuai dengan kaidahnya.

oleh: ust. Abdul aziz Abdour Rouf LC

13 November 2009 - Posted by | Al Qur'an |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: