Sang Pejuang

Perjuangan adalah awal kesuksesan

Ada Apa Dengan Waktu…? (bag 2)


Ayat-ayat tersebut menunjukkan kepada kita betapa berharganya waktu itu, dan kita hidup didunia tidak bisa lepas darinya. Selain itu juga banyak hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan waktu, diantaranya, diriwayatkan oleh Bukhari, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas RA, berkata: Rosulullah SAW bersabda:”dua kenikmatan yang sering dilalaikan oleh kebanyakan manusia yaitu nikmat sehat dan nikmat kesempatan (waktu kosong)”.

Waktu adalah nikmat sangat besar yang Allah berikan kepada manusia, tetapi kebanyakan dari mereka melalaikan tanpa memanfaatkannya dengan baik, makanya disebutkan didalam hadits Nabi tersebut bahwa kebanyakan manusia melalaikan nikmat yang paling besar ini yaitu nikmat waktu, dan sedikit dari mereka yang bisa memanfaatkannya dengan benar.

Ibnu Qoyyim berkata :”melalaikan waktu adalah mematikan (kehancuran), karena waktu begitu cepat berlalu dan tak akan kembali lagi, seharusnya seorang hamba yang taat memanfaatkan waktu dengan Ibadah, dan bagi seorang murid memanfaatkannya dengan belajar dan selalu memdekatkan diri kepada Allah”. Sesungguhnya orang yang disibukkan dengan menyesal masa lalu adalah menghabiskan waktu tanpa guna, ada yang berkata :” waktu bagaikan pedang jika kalian tidak memotongnya (memanfaatkan) maka dia akan memotong kalian”.

Rabi’ah bin Farukh berkata :”إن العلم لا يعطيك بعضه الا إذا أعطيته نفسك كلها  (sesungguhnya ilmu itu tidak akan memberikan kepada kamu (walaupun) sebagian saja, kecuali setelah kamu memberikan seluruh jiwamu kepadanya). Dari perkataan ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan sedikit ilmu (sebagian) saja kita perlu mengorbankan seluruh jiwa, waktu, harta dll, bagaimana untuk mendapatkan yang lebih dari itu?, sudahkan kita berkorban untuk ilmu? Seberapa besarkah pengorbanan kita terhadapnya?

Para Salaf Ash-Asholeh terdahulu selalu menasehati manusia untuk megisi waktu dengan kebaikan, baik mereka dari golongan Ulama’ atau seorang hamba sahaya sekalipun. Ada salah seorang ulama besar Tabi’in Amir ibnu Abdul Qois, suatu hari ada seseorang yang mengajaknya berbincang, maka Amir berkata :”hentikan dan tahan matahari dari peredarannya, sehingga saya dapat berbincang denganmu, karena sesungguhnya waktu begitu cepat berlalu dan tidak akan kembali setelah dia berlalau, dan kerugian yang kita dapatkan adalah kerugian yang tidak mungkin bisa kita kembali, karena waktu yang akan datang tidak sama dengan yang sudah berlalu”.

Abdullah ibnu Mas’ud RA, berkata : “Aku tidak pernah menyesal atas sesuatu seperti aku menyesal atas terbenamnnya matahari di suatu hari, di hari tersebut umurku berkurang dan amalanku tdk betambah”.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata :”saya melihat suatu kaum yang perhatinnya terhadap waktu lebih besar dari pada perhatiannya terhadap harta-harta mereka”.

Dari cerita diatas kita bisa mengambil pelajaran betapa besar perhatian Ulama’ terdahulu terhadap waktu, mereka sadar semakin bertambahnya waktu berarti semakin berkurangnya jatah umurnya, sehingga mereka selalu menyiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah mati.

Sudah seharusnya kita mengikuti jejak mereka sebagai makhluk yang terbatas baik kemampuan, kesempatan dan umur, seandainya kita sadar akan itu semua maka kita akan mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan, karena perjalanan kita masih panjang menuju akhirat.

Saudaraku yang budiman…

Kita harus ingat bahwa waktu yang kita lalaui saat ini tidak akan pernah kembali walaupun satu detikpun, waktu akan terus berlalu tanpa henti, kalau kita lalai maka kita akan menyesal dan merugi selamanya….

Demikian semoga kita selalu diberikan rahmat dan kekuatan dalam istiqomah dijalan Allah dan semoga selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi semua tantangan dalam hidup ini amien….

Wallahu ‘alam

Oleh: SETYAWAN

25 November 2009 - Posted by | waktu

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: