Sang Pejuang

Perjuangan adalah awal kesuksesan

Sebab2 Sakit Kepala


Ibnu Majah meriwatkan dalam Sunannya sebuah Hadits tetapi keshohihannya masih diperdebatkan. Ketika Nabi SAW menderita sakit kepala, beliau membungkus kepalanya dengan henna dan berkata, “ini adalah menyembuhkan penyakit kepala denagn izin Allah.”

Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul pada satu bagian atau seluruh kepala. Jika sakit kepala menyerang pada sisi kepala, maka dinamakan migrain, Jenis yang menyerang seluruh kepala sebagaimana helm yang melindungi kepala disebut baidhah (sakit kepala). Sakit kepala kadang-kadang hanya menyerang pada bagian belakang atau bagian depan saja.

Banyak jenis sakit kepala dengan penyebab yang beragam. Sakit kepala adalah rasa panas dikepala akibat tekanan uap sepsis yang berakumulasi di dekat kepala dan tidak bisa keluar dari tubuh. Tekanan uap itu menghebat, seperti cerek yang dipanaskan, tetapi uapnya tidak bisa keluar. Ketika memanas, uap berusaha mencari ruang lain untuk memuai. Demikian pula, akumulasi uap didekat kepala yang menyebabkan sakit diseluruh kepala tidak dapat memuai atau keluar dari tubuh keika panas. Akibatnya, timbul rasa pening dikepala.

Sakit epala terjadi karena berbagai penyebab khusus, antara lain:
1. Dominasi salah satu dari empat kondisi dasar (dingin, panas, kering, basah).
2. Terjadinya borok perut, sebab syaraf syaraf cephalic (berkaitan dengan kepala) dan perut berhubungan.
3. Adanya gas pekat yang berakumulasi dalam perut dan naik ke kepala dan menyebabkan sakit kepala.
4. Sakit kepala kadang disebabkan oleh tomor dalam pembuluh darah lambung, ini karena perut dan kepala berhubungan.
5. Ketika perut dipenuhi makanan, kadang kadang timbul rasa sakit kepala karena sebagian makanan yang tertinggal tak tercerna.
6. Sakit kepala kadang kadang terjadi setelah berhubungan badan dengan istrinya karena tubuh melemah dan adanya penetrasi udara panas.
7. Sakit kadang terjadi setelah muntah akibat kekeringan yang berlebihan atau karena akumulasi gas dalm perut naik menuju kepala.
8. Cuaca dan udara panas.
9. Sakit kepala kadang kadang disebabkan oleh hawa dingin dan uap yang berakumulasi dikepala tak mampu menemukan jalan keluar.
10. Kurang tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala.
11. Sakit kepala kadang kadang disebabkan oleh tekanan yang menimpa kepala, misalnya ketika seseorang memikul beban berat dikepala.
12. Berbicara berlebihan kadang kadang melemahkan pikiran sebingga menyebabkan sakit kepala.
13. Aktivitas berlebihan dan olah raga berat juga dapat menimbulkan sakit kepala.
14. Gejala gejala psikologis seperti bersedih, depresi, obsesi, dan pikiran negatif juga dapat menimbulkan sakit kepala.
15. Lapar luar biasa dapat menimbulkan sakit kepala karena materi materi gas berlebihan yang berakumulasi didalam perut naik menuju otak dan menimbulkan sakit kepala.
16. Orang orang yang menderuta tumor pada lapisan serebrum (otak besar) kadang kadang merasa seolah olah ada yang selalu menghantam kepala mereka.
17. Demam yang menimbulkan panas di kepala dan menimbulkan sakit.

Sakait kepala disebabkan oleh perubahan-perubahan dalam sistem yang mempengaruhi pembuluh nadi otak besar. Sisi otak yang lebih lemah akan menrima materi sepsis dan migrain disertai debaran pada pembuluh pembuluh nadi. Sakit kepala dapat diredakan dengan mengikatkan pembalut di kepala sehingga debaran arteri berhenti dan sakitnya berkurang.

Abu Nu’aim dalam bukunya Ath Thibbun Nabawi, menyatakan bahwa migrain dapat menyerang Rasulullah SAW, dan membuat beliau tidak bisa keluar dari rumah selama satu atau dua hari berturut turut. Juga Abu Nu’aim meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas yag berkata,” pernah Rasulullah SAW menyampaikan khotbah sementara selembar kain didikatkan dikepalanya.

Dalam kitab Shahih Bukhori diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata saat menderita penyakit tersebut menjelang wafatnya. “betapa sakit kepalaku”. Beliau biasa mengikatkan selembar kain di kepalanya.
Mengikatkan kain di kepala dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain, pengobatan sakit kepala beragam, sesuai dengan jenis dan penyebabnya. Sait kepala dapat diredakan melalaui muntah, makan, diam, dan idak aktif bergerak, menggunakan kain dingin, mendinginkan tubuh, meningkatkan suhu badan, menghindari kebisingan dan sebagainya.

Berdasarkan perkataan tersebut, sakit kepala diobati dengan inai (pacar) karena penyakit itu bersifat parsial, bukan total. Jika sakit kepala disebabkan oleh demam tinggi, bukan karena adanya zat buruk yang perlu dibuang, inai dapat membantu meredakannya. Jika dihancurkan kemudian dicampur cuka dan diborehkan di dahi, inai dapat meredakan sakit kepala. Inai atau pacar ini dapat menenangkan saraf jika digunakan sebagai pembakut. Inai bukan hanya baik untuk meredakan sakit kepala, tetapi juga baik untuk beberapa organ tubuh, mengobati bengkak dan peradangan jika digunakan sebagai pembalut.

Imam Bukhari meriwayatkan dalam kitab Tarikhnya dan Abu Daud dalam sunannya bahwa Nabi SAW memerintahkan kepada setiap orang yang mengeluh sakit kepala untuk berbekam dan memerintahkan orang yang sakit kakinya untuk membubuhi kakinya dengan inai.

Pohon inai pada tingkatan pertama bersifat dingin dan tingkatan kedua bersifat kering, pohon ini memiliki dua kasiat khusus. Pertama: kandungan cairan hangatnya dapat membusukkan sesuatu. Kedua: kandungan tanahnya yang dingin berkasiat sebagai peghambat.

Inai dapat mengobati luka bakar dan menenangkan saraf jika digunakan pembalut, sebagaimana yang telah disebutkan, jika dikunyah dapat mengurangi sariawan.
Dan juga masih banyak manfaat-manfaat yang dapat kita rasakan dari tumbuhan yang telah Allah ciptakan untuk kebutuhan manusia ini.

Sumber: Zaadul Ma’ad (Ibnu Qoyyim Al Jauziyah)
SETYAWAN

8 January 2010 - Posted by | Tsaqofah Islamiyah

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: